Senin, 03 Juni 2019

Mengenal Microsoft Office Word 2010 beserta Menu dan Fungsinya

Pengertian Aplikasi Microsoft Office Word 2010

Microsoft Word 2010 adalah Aplikasi pengolahan kata yang merupakan kelanjutan dari kelanjutan versi sebelumnya. Aplikasi pengolah kata untuk membantu membuat dokumen seperti laporan, dokumen yang berbentuk surat, brosur, dan lainnya yang dapat dikerjakan dengan menggunakan microsoft word 2010.

Apa sih perbedaan Microsoft Word 2007 dan 2010 ?

Terlihat pada Ribbon, sekilas Microsoft word 2007 dan 2010 terlihat sama, salah kelebihan kita terbiasa dengan microsoft word 2010 dan cepat akrab dengan tampilan Ribbon 2010, karena tampilan microsoft word 2010 lebih lembut (smooth) sedangkan microsoft word 2007 kurang lembut (smooth), dan bantuan pada word 2007 agak susah dipahami, bantuan pada word 2010 lebih mudah dipahami. Pada Microsoft Word 2007 fungsi windowsnya tidak terlalu lengkap sedangkan pada Microsoft Word 2010 fungsi windowsnya sudah lumayan lengkap seperti sudah memiliki, Spelling checker, Mark as final, Screenshot capture dan Corrections. dan juga pada Microsoft Word 2010 dapat mengimpan file dalam format PDF, dapat membuka open office (LINUX). 
        Pada saat dokumen yang ada di microsoft word 2010 di salin ke microsoft word 2007, maka dokumen yang di salin akan menjadi tidak teratur penulisan/pengetikannya, dan ketika dokumen yang ada pada microsoft word 2007 di salin ke microsoft word 2010 maka penulisan/pengetikan yang ita buat di microsoft word 2007 tidak ada perubahan.
A. Ribbon dan Tab Menu
     Dalam Microsoft word 2010 yang dikenal Ribbon. Pada Ribbon ini lah yang membedakannya. Ribbon merupakan tampilan menu yang menggunakan beberapa TAB yang menampilkan fitur-fitur program. Ribbon menampilkan beberapa TAB yaitu, File, Home, Insert, Page Layout, Reference, Mailing, Review dan View.

   1. Menu File 


Menampilkan menu untuk membuat dokumen baru, menu simpan, cetak, juga menu untuk mengatur  preferensi Microsoft Word (options). Menu file pada Microsoft word 2010 memiliki beberapa icon/tombol, yaitu : Save, Save As, Open, Close, Info, Recent, New, Print, Save & Send, Help, Option, dan Exit.

       Adapun Fungsi - fungsi icon tersebut :
       - Save, Untuk menyimpan dokumen baru/lama yang sudah di buat.
       - Save As, sama fungsinya seperti icon save, hanya saja Save As menyimpan dokumen lama                  dan baru, dan dapat penyimpanan lebih dari 1 dokumen yang sama.
       - Open, membuka dokumen yang pernah di simpan sebelumnya.
       - Close, menutup lembaran kerja yang sedang digunakan.
       - Info, memprotek atau mengunci dokumen.
       - Recent, menampilkan dokumen yang pernah di buka.
       - New, digunakan ketika ingin membuat dokumen baru yang berupa lembar kosong.
       - Print, mencetak dokumen yang sedang aktif.
       - Save & Send, menyimpan dokumen dengan mengirimkan ke berbagai lokasi.
       - Help, digunakan ketika membutuh bantuan tentang Microsoft Office.
       - Option, menampilkan jendela word option yang berisi berbagai macam menu setting Word.
       - Exit, keluar dari program Microsoft Word.

 2. Menu Home
Menu yang sering di pakai karena berhubungan dengan semua yang berkaitan dengan format tulisan/text. Menu home ini memiliki beberapa bagian, yaitu : Clipboart, Font, Paragraph, Styles, dan Editing.
     a. Clipboart : Berisi icon untuk mengedit teks.
         

     b. Font, Suatu kumpulan lengkap dari huruf, angka, simbol, dan karakter yang memiliki ukuran
         tertentu.
  
    c. Paragraph, berfungsi untuk mengatur pargraf dokumen.

   d. Styles, yang mengatur model tulisan.
       
  e. Editing, untuk mencari karakter, kalimat pada dokumen atau menyeleksi teks pada dokumen.



3. Menu Insert

Fungsinya ialah untuk menyisipkan atau menambahkan objek ke dalam dokumen yang sedang dikelola. Beberapa group yang ada pada menu insert yaitu, Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symblos.

   a. Pages, untuk penambah halaman.
   b. Tables, menyisipkan tabel.
   c. Illustrations, menyisipkan berbagai gambar.


   d. Links, menghubungkan antar halaman dengan yang lainnya.

   e. Header & Footer, membuat catatan dokumen dan penomeran halaman.

   f. Text, Menyisipkan varias teks pada dokumen.

  g. Symbols, menyisipkan simbol.





3. Menu Page Layout
Fungsinya untuk mengatur halaman berupa jarak tulisan dari pinggir kertas, dan ukuran kertas. Beberapa group yang terdapat pada tab page layout yaitu, Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, dan Arrange.
Berikut fungsi icon-icon yang terdapat pada Menu Page Layout:
   a. Themes, untuk mengatur tema halaman Microsoft word.
 
  b. Page Setup, untuk melakukan pengaturan pada halaman.

   c. Page Background, melakukan pengaturan latar belakang pada teks.

   d. Paragraph, melakukan pengaturan yang mengenai paragraph.

   e. Arrange, pengaturan tambahan pada tata ruang dokumen.


4. Menu References, melakukan pengaturan yang berhubungan dengan sumber acuan ke dalam penulisan yang berbentuk buku.

    a. Tabel Of Contens, membuat daftar isi secara otomatis.

    b. Footnotes, menyisipkan catatan kaki.

    c. Citations dan Bibliography, memasukkan kutipan daftar pustaka.

    d. Captions, menambahkan keterangan seputar gambar.

    e. Index, mengatur indeks pada teks.

    f. Table og authority, mengatur kutipan dalam teks.
5. Menu Mailings, membuat surat secara masal dengan format dan isi yang ssam dan tujuan yang berbeda.
    a. Create, membuat tulisan pada amplop surat.

    b. Start Mail Merge, membuat surat dari mulai sampul isi kelengkapan lainnya.

    c. Write & Insert Fields, digunakan ketika mengelola data identitas penerima surat yang di buat.

    d. Preview Results, untuk melihat hasil surat beserta kakrutan isi surat.

    e. Finish, melakukan tindakan lanjutan setelah surat yang di buat sudah lengkap dan selesai.

6. Menu Review, untuk membuat perubahan dalam dokumen yang dimungkinkan karena ejaan dan tata bahasanya yang bermsalah.

    a. Proofing, untuk memeriksa ejaan, tata bahasa, pengguna referensi, terjemahan, jumlah kata.

    b. Language, untuk mengurus terjemahan dan pengunaan bahasa dalam dokumen word.

    c. Comments, untuk mengomentari bahasa yang salah di dalam dokument.

    d. Tracking, untuk melacak, memfinising, memilih jenis markup maupun menunjukkan perabaikan
        data pada dokumen.

    e. Changes, untuk menerima, menolak dan melihat perubahan dokumen yang ada.

    f. Compare, membandingkan atau menggabungkan beberapa versi dokumen.

    g. Protect, sebagai media pemblokir atau pembatas pengelolaan dokumen oleh pengguna tertentu.
7. Menu View, mengubah tampilan dokumen kedua halaman yang berbeda dan memperbesar/memperkecil halaman.
     a. Document views, untuk memilih tampilan dokumen yang dibutuhkan.

     b. Show, untuk menampilkan alat bantu pengolahan dokumen.

     c. Zoom, mengatur berbagai hal yang berhubungan besar kecilnya tampilkan lembar kerja word.

     d. Windows, mengelolah tampilan beberapa lembar kerja yang sedang di buka.

     e. Macros, untuk melihat, membuat, menghapus daftar macro.

B. Title Bar
     Identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang dikerjakan. Fungsinya untuk memperkecil jendela halaman Microsoft word, menegmbalikan halaman ke kondisi semula atau memperbesar jendela halaman menjadi satu tampilan penuh pada layar, dan menutup halaman atau menutup Microsoft word.
  

C. Rulers
     Ruler atau penggaris merupakan tool yang digunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen secara manual tanpa menggunakan page layout. Ada dua bagian ruler yaitu:
     1. Ruler Horizontal, terletak di bagian bawah ribon untuk mengatur margin dan tab stop.
     2. Ruler Vertikal, terletak di kiri jendela word untuk posisi vertikal pada halaman.
D. Status Bar
      Berfungsi untuk menambahkan informasi dibagian bawah word, misalnya untuk menampilkan nama file yang sedang di buka, menampilkan tanggal, waktu, dan status dari keyboard.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar